PROFIL KECAMATAN

PROFIL KECAMATAN BATU AMPAR

  • Sejarah Singkat Kecamatan Batu Ampar
Kecamatan Batu Ampar merupakan salah satu Kecamatan dari 12 ( dua belas ) Kecamatan yang ada di Kota Batam. Kecamatan Batu Ampar terbentuk bersamaan dengan Pemekaran Kecamatan di Kota Batam berdasarkan Perda No.2 Tahun 2005 tentang Pemekaran, Perubahan dan Pembentukan Kecamatan Kelurahan di Kota Batam.
Tujuan dari pelaksanaan Pemekaran Kecamatan dan Kelurahan ini yaitu disesuaikan dengan kebutuhan dan kondisi wilayah yang di sejalankan dengan upaya memperpendek rentang kendali secara organisasi Pemerintahan dan juga dalam upaya memberikan pelayananan terbaik dalam masyarakat dengan mengacu pada SPP (Standard Pelayanan Public)  yang memuat antara lain ; syarat – syarat, lama waktu proses, serta yang ditampilkan dalam bentuk papan informasi untuk diketahui secara umum dengan mengedepankan aspek  Transparansi, Objektifitas, Standard, partisipasi kesetaraan, daya tanggap, pengawasan,efisiensi dan efektifitas serta profesionalisme.
Hal ini diterapkan agar masyarakat dapat mengerti dan memahami aturan serta peraturan yang berlaku dalam rangka pencerdasan masyarakat yang bermuara kepada tertib administrasi Pemerintahan Kecamatan Batu Ampar menuju pelayanan yang prima kepada masyarakat.
  • Letak Geografis.
Kecamatan Batu Ampar terletak diantara 01º, 07º Derajat Lintang Selatan 104º Bujur Timur dengan ketinggian rata – rata 3 m diatas Permukaan Laut. Dengan Luas Wilayah 11,3 Km2..
Letak Geografis Kecamatan Batu Ampar
– Sebelah Utara           :  Selat Malaka
– Sebelah Selatan        :  Kecamatan Lubuk Baja
– Sebelah Barat           :  Laut
– Sebelah Timur          :  Kecamatan Bengkong
Wilayah Kecamatan Batu Ampar dibagi menjadi 4 ( empat ) Kelurahan yaitu :
– Kelurahan Tanjung Sengkuang 
– Kelurahan Sungai Jodoh 
– Kelurahan Batu Merah 
– Kelurahan Kampung Seraya 
  • Geologi 
Wilayah Kecamatan Batu Ampar  seperti halnya Kecamatan – Kecamatan di Propinsi Kepulauan Riau lainya, juga merupakan bagian dari paparan Continental Benua Asia, pulau – pulau yang tersebar di daerah ini merupakan sisa – sisa erosi atau penyusutan dari daratan pra tersier yang membentang dari Semenanjung Malaysia, Pulau Singapore di bagian utara sampai dengan pulau – pulau Moro dan Kundur serta Pulau Karimun di bagian selatan dengan jenis tanah latosol dengan warna kuning muda yang mengandung banyak bauksit muda dengan tingkat kesuburan tanah sedang.
Wilayah Kecamatan Batu Ampar terkonsentrasi dengan radius 7 Km, sedangkan penyebaran penduduk tidak begitu merata di masing – masing Kelurahan  dimana Permukaan tanah di Kecamatan ini pada umumnya terdiri dari :
– Datar                 :  50 Persen
– Berbukit            :  35 Persen
– Bergelombang  : 15 Persen
  • I k l i m
Kecamatan Batu Ampar mempunyai iklim tropis dengan suhu berkisar antara 20,9 C – 23,9 C dan suhu maksimum berkisar antara 31,2 C-34,4 C sedangkan suhu rata – rata sepanjang tahun 2017 adalah 26,4C-28,6C.

Batas-batas Kelurahan Kecamatan Batu Ampar :

Kelurahan Utara Selatan Barat Timur
Tg Sengkuang
Sungai Jodoh
Batu Merah
Kmp Seraya
Laut
Kel.Batu Merah
Laut
Kel. Tg. Sengkuang
Kel .Kmp Seraya
Kel.Lubuk Baja
Kel.Sungai Jodoh
Kel.Lubuk Baja
Kel.Batu Merah
Laut
Laut
Kel.Sungai Jodoh
Kel.Sambau
Kel.Kmp Seraya
Kel.Tg Sengkuang
Kel.Bgkg Laut
Scroll Up